STIE PERBANAS

Perayaan Hari Raya Nyepi, Sukoreno Akan Ramai Ogoh-ogoh

  Dibaca : 37 kali
Perayaan Hari Raya Nyepi, Sukoreno Akan Ramai Ogoh-ogoh

Memontum Jember – Ogoh-ogoh merupakan kesenian umat Hindu berupa boneka raksasa yang biasanya digunakan untuk menyambut hari raya Nyepi yang diiringi dengan gamelan bali yang disebut Bleganjur.

Maka dari itu umat Hindu yang di Desa Sukoreno kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember di upacara Nyepi tahun baru saka 1941 Senin (4/3/2019) tadu, melakukan persiapan ogoh-ogoh.

SIAP : Ogoh-ogoh siap ditampilkan. (ist)

SIAP : Ogoh-ogoh siap ditampilkan. (ist)

“Sudah hampir 80 persen hanya tinggal memasang aksesoris dan pakaian, ” kata Wahyu Widodo Spd salah tokoh agama Hindu di setempat, Senin (4/3/2019) siang.

Widodo mengatakan bahwa perayaan ogoh ogoh yang akan di gelar pada hari Rabu (6/3/2019) akan diikuti sedikitnya 9 regu dari kelompok umat hindu yang ada di kabupaten Jember.

“Karena biasanya berdasarkan pengalaman pada waktu perayaan jumlahnya bisa lebih dari yang direncanakan,” katanya.

Dia juga mengungkapkan kalau perayaan kali juga akan di ikuti komonitas pecinta seni Indonesia (KPSI) yang jumlahnya di perkirakan 300 orang, dengan pakaian khas kesenian yang akan di berangkatkan paling depan sebagai regu penghormatan.

“Tidak hanya itu, karang taruna Desa Sukoreno juga akan di libatkan dalam acara tersebut dengan menggelar bassar,” tambahnya.

Menurut Widodo, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muspika Umbulsari agar pelaksanaan perayaan ogoh ogoh nanti bisa aman dan lancar.” Kami sudah mengirimkan undangan ke jajaran Pemkab Jember, Polres dan Kodim, ” ungkasnya. (bud/yud/oso)

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional