Connect with us

Mojokerto

Pos Ramil Mojoanyar Gandeng Warga Dua Desa Bersihkan Sungai Jabon

Diterbitkan

||

Pos Ramil Mojoanyar Gandeng Warga Dua Desa Bersihkan Sungai Jabon

Memontum, Mojokerto – Dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir dampak banjir kiriman di wilayah binaan terlebih di musim penghujan yang sudah berlangsung, Pos Ramil Mojoanyar menggandeng warga Dusun Ngumpak, Desa Jabon dan Dusun Gebangmalang, Desa Gebangmalang, melaksanakan karya bakti di Sungai yang mengalir dan melintasi di kedua Desa tersebut,

Sasaran karya bakti tersebut yakni pembersihan sampah-sampah yang menumpuk, dahan dan ranting pohon yang menyangkut di bawah jembatan Dusun Ngumpak dan Dusun Gebangmalang yang dialiri/dilintasi Sungai Jabon, sehingga diharapkan saat hujan turun air dari hulu sungai akan mengalir dengan lancar menuju Sungai Sadar.

Sekitar 30 orang gabungan anggota Pos Ramil Mojoanyar dan warga terlibat dalam pembersihan sungai dengan alat manual yang terbagi di tiga sektor, yakni penampang sungai di bawah jembatan Dusun Ngumpak, sepanjang aliran sungai dari Dusun Ngumpak menuju Dusun Gebangmalang dan di bawah Jembatan Dusun Gebang Malang.

Tampak pula dalam karya bakti tersebut, Danpos ramil Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo beserta 7 orang anggota, Kepala Desa Gebangmalang, Sagi, ST., beserta sekitar 15 orang warga Dusun Gebangmalang dan Kaur Kesra Desa Jabon, Akhamd Fatkhudin beserta 7 orang warga Dusun Jabon.

Suasana penuh kekompakan, saat gabungan anggota Pos Ramil Mojoanyar bersama warga melaksanakan pembersihan secara manual dengan menggunakan parang, sabit, cangkul, sekop dan garpu.

Dengan adanya pembersihan sampah di bawah jembatan dan disepanjang penampang sungai, diharapkan akan memperlancar arus air sungai sehingga dampak banjir kiriman yang biasa melanda di 2 Desa tersebut dapat diminimalisir, ucap Danpos Ramil Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo, di sela-sela pelaksanaan kegiatan.

“Melalui karya bakti ini, dapat mengugah dan mewujudkan semangat gotong royong di kalangan warga dalam mengantisipasi bencana banjir serta terciptanya Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat,” jelas Danpos.

Menurutnya, ada sejumlah manfaat yang diperoleh dari kegiatan pembersihan sungai ini, diantaranya apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi arus air di Sungai Jabon akan tetap lancar. “Warga di wilayah Dusun Ngumpak Desa Jabon dan persawahan yang luasnya sekitar 14 hektar, di Dusun/Desa Gebang Malang tidak akan terdampak banjir kiriman,” tegasnya. (mrg/ono)

Advertisement

Trending