Connect with us

Probolinggo

Tak Tinggalkan Sejarah, Para Pecinta Sejarah Kunjungi Makodim Probolinggo

Diterbitkan

||

Tak Tinggalkan Sejarah, Para Pecinta Sejarah Kunjungi Makodim Probolinggo

Memontum Probolinggo — Pendahulu kita, sering mengatakan jangan lupakan sejarah, dan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno juga mengatakan hal tersebut diatas, jadi bisa diambil kesimpulan, betapa pentingnya sejarah bagi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara, kita akan buta bak berjalan dikegelapan, dengan selalu meraba-raba dalam berjalan dikehidupan kedepan bila tak mengetahui sejarah.

Karna dengan mengetahui sejarah kita dapat mengukur apakah keberadapan kehidupan kita saat ini lebih baik ataupun semakin menurun dibandingkan kehidupan yang terdahulu.

Seperti yang di katakan Komandan Kodim 0820/ Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi S.Sos.,M.M agar kita selalu menjaga dan merawat situs-situs sejarah yang ada disekitar kita, diantaranya kampung benteng, Makodim dan Makoramil yang ada dijajarannya, yang menggunakan atau merupakan peninggalan-peninggalan bersejarah, hal itu agar dapat diketahui anak cucu kita kelak.

Ketua harian kwarcab gerakan Pramuka kota Probolinggo, H Indi Eko Yanuanto S.T.,M.M, berkesempatan mendatangi Makodim 0820/Probolinggo, berkaitan dengan keberadaan Makodim sebagai salah satu Situs Sejarah yang ada di Probolinggo, pada kesempatan ini karna Letkol Kav Depri Rio Saransi S.Sos.,M.M maka Kepala Staf Kodim 0820, Mayor Inf Teguh H.W yang menerima tamu tersebut.

Saat ditemui media, Mayor Inf Teguh H.W mengatakan, kedua tamu tersebut hanya ingin melihat-lihat keadaan Makodim sebagai salah satu situs sejarah yang masih terawat dengan baik yang ada di Probolinggo.

“Kedatangan mereka hanya berbincang-bincang seputar sejarah bangunan dan fungsi bangunan sebelum digunakan sebagai Markas Kodim saat ini,” tuturnya.

ASN Husen yang merupakan salah satu anggota Pegawai Negeri Sipil yang sudah cukup lama berada di Kodim 0820/Probolinggo, menambahkan pernah suatu ketika wisatawan dari belanda datang ke Kodim 0820/ Probolinggo, ternyata warga asing tersebut pernah bertempat tinggal di bangunan Makodim tersebut saat sebelum jaman kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pernah wisatawan yang datang kesini, dan ternyata wisatawan tersebut pernah tinggal di makodim ini,” terangnya. (pix/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending