Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Berkah Ramadan, Pedagang Rumput Kasiyan Untung Besar

  Dibaca : 50 kali
Berkah Ramadan, Pedagang Rumput Kasiyan Untung Besar
Biasanya Laku 15 ikat, di bulan Ramadan Laku 30 hingga 35 Ikat. (rir)

Jember Memontum – Di bulan Ramadan ini tak hanya pedagang bahan kebutuhan sembako atau pakaian saja yang menemukan keberkahan, tetapi pedagang Rumput yang digunakan sebagai pakan ternak juga menerima keberkahan di bulan Ramadan.

Diketahui rata-rata permintaan rumput pakan ternak sapi atau kambing di bulan Ramadhan meningkat hingga 50 %. Kondisi meningkatnya permintaan rumput, menurut beberapa pedagang diperkirakan akan bertahan hingga lebaran.

Saniman (50) seorang pedagang rumput yang setiap hari mangkal di depan gedung bioskop lama Kasiyan tepatnya di pinggir jalan raya Kasiyan, Kecamatan Puger, Kabupaten mengatakan, jika sebelum Ramadan dagangannya menghabiskan 15 ikat namun kini bisa menjual/menghabiskan 25 hingga 30 ikat.

“Alhamdulillah sekarang ini banyak orang yang membeli rumput,dagangan saya sekali membawa 25 – 30 ikat gak seberapa lama, langsung habis, mungkin karena bulan puasa yaa, sehingga merasa malas untuk merumput,” ujarnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan pedagang rumput lainnya Slamet pedagang Rumput asal Desa Suling dia mengaku senang berjualan rumput di bulan puasa masalahnya setiap hari dagangannya selalu ludes terjual tanpa sisa.

“Kalau biasanya saya membawa 20 ikat jarang habis namun di bulan Ramadan ini, sekali membawa rumput belum sampai Maghrib sudah habis terjual, ” ungkap Slamet

Menurut Slamet, berbagai macam jenis rumput yang dijual di tempat itu diantaranya rumput biasa, daun jagung (Tebon : red jawa), Damen (batang padi yang masih segar) dan harganya pun juga bervariasi. Ada yang Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu per ikat.

“Kalau Suket (Rumput : Red Jawa) kita cari diperkebunan seperti di Selandia, Sumber tenggulun, kita berangkatnya rombongan menggunakan truk, untuk sewa truk kita patungan,” terangnya.

Terlihat puluhan pedagang rumput mangkal di sepanjang pinggiran jalan raya yang menghubungkan akses menuju Kabupaten Lumajang itu. Tampak pedagang Rumput dengan membawa gerobak panjang ada pula yang menggunakan sepeda pancal dan ada pula yang menggunakan Sepeda motor. (rir/yud/oso)

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional