Connect with us

Sidoarjo

Ribuan Onthelis Kuno Ramaikan Peringatan HUT RI dan Ultah SPC

Diterbitkan

||

Ribuan Onthelis Kuno Ramaikan Peringatan HUT RI dan Ultah SPC

Memontum Sidoarjo – Ribuan penggemar sepeda (onthelis) Kuno memeriahkan acara ngonthel bareng sepeda kuno. Acara ini dalam rangka HUT RI ke 74 dan Ultah Sepeda Pancal Club (SPC) ke 1, depan Kantor Balai Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, Minggu (04/08/2019).

Acara Ngonthel bareng ini diberangkatkan Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sidoarjo Djoko Supriyadi, Camat Prambon Ainun Amalia, Ketua Kosti Jatim, Bambang, Ketua Kosti Sidoarjo, Ari Baryashi.

BERANGKAT - Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin memberangkatkan sekitar 5.000 peserta Ngonthel Bareng Sepeda Kuno dalam rangka HUT RI ke 74 dan Ultah Sepeda Pancal Club (SPC) di Balai Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, Minggu (4/8/2019)

BERANGKAT – Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin memberangkatkan sekitar 5.000 peserta Ngonthel Bareng Sepeda Kuno dalam rangka HUT RI ke 74 dan Ultah Sepeda Pancal Club (SPC) di Balai Desa Jatikalang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, Minggu (4/8/2019)

Para peserta bersepeda berkeliling daerah Prambon dengan jarak tempuh 17 kilometer dan finish di lapangan Desa Jatikalang. Penampilan para peserta Ngonthel bareng beragam. Sebagian peserta terlihat berpenampilan mengenakan pakaian tentara jaman dulu. Selain itu menambah hiasan di sepedanya dan ada yang memasang sound system di bagian belakang sepeda.

Ketua Panitia Penyelenggara Ngonthel Bareng, Sumardiono mengatakan tujuan acara ini membudayakan olahraga ngonthel (mengayuh sepeda) di kalangan masyarakat. Apalagi, pihaknya memiliki komunitas sepeda tua yang dinamakan KOSTI. Komunitas ini ada di semua daerah se-Indonesia.

“Hari ini semua berkumpul untuk bersilaturrahmi antar komunitas sekalian juga mengenal Sidoarjo,” kata Sumardiono di sela-sela acara.

Hitungannya, lanjut Sumardiono jumlah peserta yang mengikuti Ngontel Bareng lebih dari 5.000 onthelis terdiri dari perorangan dan kelompok. Mereka berangkat dari depan Balai Desa Jatikalang melewati semua jalan di Prambon dengan total rute mencapai 17 kilometer.

“Waktu tempuhnya kalau pemula bisa sampai satu jam. Tapi kalau sudah anggota komunitas (profesional) cukup 40 menit sudah sampai finish,” imbuhnya.

Sementara Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menilai ngonthel bareng ini banyak sisi positifnya. Disamping mengajak hidup sehat, juga menjaga warisan dan peninggalan nenek moyang, yakni sepeda tua. Maka dari itu, pihaknya minta untuk dijadikan agenda rutin tahunan.

“Kami berharap agar acara ngonthel bareng ditingkatkan. Terutama sebagai sarana olahraga, mengenalkan budaya sekitar dan menjalin silaturahmi antar masyarakat Sidoarjo,” tandasnya.

Dalam acara ini, Wakil Bupati menerima Tongkat Komando KOSTI dari Ketua KOSTI Sidoarjo, Ari Baryashi untuk ditetapkan sebagai Penasehat KOSTI Sidoarjo. Dilanjutkan pengundian kupon dengan doorprize utama satu unit sepeda motor dan hiburan. (Wan/yan)

 

Advertisement

Trending