Connect with us

Kota Batu

Jatimpark 2 Gelar 1000 koin dan Photo Contest, Kampanyekan Pelestarian Hewan Endemik Indonesia

Diterbitkan

||

harimau sumatra

Memontum Kota Batu – Menipisnya populasi Harimau Sumatera, Babi Rusa, Anoa, dan Banteng menjadi perhatian serius bagi Jatimpark 2. Sebagai salah satu lembaga konservasi, Jatimpark 2 turut berpartisipasi untuk mengumpulkan 1000 koin dan Photo Contest yang nantinya akan didonasikan ke Global Species Management Plans (GSMP) yang merupakan lembaga konservasi Internasional.

“Kami membuka gerakan 1000 koin dan Photo Contest sejak tanggal 1 juli dan nanti akan kami tutup pada 4 oktober karena bertepatan dengan hari satwa,” ungkap Indriana Novita Kumala Sari Educator Jatimpark 2. Selain karena Jatimpark 2 ikut serta dalam GSMP, ia juga menerangkan di Jatimpark sendiri memiliki dua jenis satwa endemik yang dilindungi tersebut yakni harimau sumatera dan babi rusa.

Dari data yang dihimpun, harimau Sumatera yang merupakan salah satu harimau terkecil di dunia merupakan hewan yang ada di Jatimpark 2 dengan total 7 ekor dengan satu indukan jantan dan dua indukan betina serta 4 harimau anakan. Sedangkan untuk babi rusa sendiri hanya terdapat 3 ekor yakni 1 indukan jantan, 1 indukan betina, dan 1 anakan.

“Kedua hewan tersebut yang paling terancam akibat dari penyempitan lahan dan perburuan. Terlebih pada babi rusa yang taringnya banyak digunakan sebagai asesoris,” jelas Lala sapaan akrabnya. Ia menambahkan dengan adanya event yang digelar tersebut bisa sedikit membantu mencegah kepunahan hewan endemik indonesia tersebut.

Tak hanya itu saja, Lala juga mengundang wisatawan yang mengunjungi jatimpark 2 untuk mengikuti photo contest dengan mengabadikan moment dua hewan yang terancam punah tersebut. “Follow IG kami dan ketika hendak mengunggah foto diberikan caption cerita menarik dalam foto tersebut,” tandasnya. (bir/yan)

 

Advertisement

Trending