Connect with us

Sidoarjo

Mayat dan Pocong Warnai Karnaval Desa Sumokali

Diterbitkan

||

Kepala Desa Sumokali, Kecamatan Candi Subianto (angkat jempol) di tengah peserta karnaval memperingati HUT RI ke 74. (sul)

Memontum Sidoarjo – Memperingati HUT RI ke 74, warga Desa Sumokali Kecamatan Candi menggelar karnaval dengan menampilkan berbagai kreasi untuk menghibur dan membangun silahturahmi antar warga. Minggu (31/8/2019). Dalam karnaval yang diikuti semua RT se- Desa Sumokali itu, warga menampilkan kreasi dan budaya sebagai wujud mengingat jiwa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Untuk mengenang jasa para pahlawan itu, peserta karnaval mengenakan asesoris yang digunakan pahlawan ketika mengusir penjajah. Bendera merah putih yang diikat bambu runcing terus berkibar di barisan terdepan peserta karnaval.

Di tengah barisan yang menampilkan semangat juang para pahlawan itu, baisan pemuda dan karang taruna terus menggoda penonton yang berjajar melihat peserta karnaval dengan start dan finish kantor balai Desa Sumokali.

Barisan pemuda ini menjadi perhatian penonton, karena mengingatkan akan kematian. Mereka mengenakan mayat berjalan, pocong dan rmah hantu. Tampilan ini menjadkan penonton takut dan terhibur.

Kepala Desa Sumokali Subianto menyatakan jika karnaval ini diiikut semua RT dengan tema semangt kemerdekaan. Selain mengingat para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan, karvnal ini juga untuk membangun silahturahmi antar warga.

“ Jumlah RT terus bertambah dan dimungkinkan antara warga satu dengan yang lain tidak saling kenal. Dengan karnaval ini mereka bisa disatukan lewat kegiatan memperingati HUT RI ke 74,” katanya.

Subianto menyatakan jika dalam karnaval ini, panitia menyebut jika keluar sebagai juara I RT 22 juara II RT 04 dan juara III dari RT 27.” Alhamdulilah kegiatan sesuai dengan rencana dan terima kasih atas partisipasi semua warga Desa Sumokali” tutupnya. (sul/yan)

 

Advertisement

Trending