Connect with us

Probolinggo

Pertahankan Situs Sejarah, Masyarakat dan Anggota Koramil 0820/01 Bersihkan Lingkungan

Diterbitkan

||

Pertahankan Situs Sejarah, Masyarakat dan Anggota Koramil 082001 Bersihkan Lingkungan

Memontum Probolinggo — Peninggalan bersejarah dimanapun keberadaannya dapat menjadi tolak ukur kemajuan suatu daerah dimasa lalu. Para generasi muda sebagai penerus kelangsungan kejayaan suatu bangsa harus peka dan bisa menggali peninggalan bersejarah yang ada disekelilingnya. Jangan sampai kita malah terbuai dengan materi yang diiming-imingkan oleh sekelompok orang atau golongan yang ingin memperkaya dirinya dengan memperjual belikan barang atau benda yang bersejarah yang dilindungi oleh negara.

Seperti yang pernah di beritakan memontum.com beberapa pekan lalu, bahwa telah digagas pembentukan kampung Benteng sebagai kampung wisata oleh Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi. Penggagasan Kampung Inggris yang didukung penuh oleh Camat Mayangan dan sejumlah lapisan masyarakat Kampung Benteng tersebut, pada akhirnya nanti diharapkan bisa membuka kembali sejarah kota Probolinggo dan meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat kampung Benteng dan Probolinggo pada umumnya.

Depri mengatakan, kegiatan tersebut membuktikan bahwa masyarakat peduli akan peninggalan sejarah yang ada di Kota Probolinggo.

“Bukti jika gagasan ini direspon dengan baik oleh masyarakat, adalah dengan antusias mereka mempersiapkan segala sesuatunya. Masyarakat mendengar gagasan ini langsung beraksi dengan menggandeng Koramil 0820/01 Kanigaran, masyarakat membersihkan lokasi situs sejarah benteng tersebut,” terangnya.

“Dengan adanya respon yang baik ini, semakin menguatkan gagasan ini untuk menjadi kenyataan. Kami dan elemen pemerintah dan instansi terkait sudah bertekad untuk segera mewujudkan gagasan tersebut,” lanjut Depri.

Di tempat yang sama, Kapten Inf Gatot W, Komandan Koramil 0820/01 Kanigaran menambahkan, bahwa sebagai anggota Koramil yang memiliki tanggung jawab teritorial di wilayah Kampung Benteng yang merupakan tempat situs sejarah di Probolinggo, mendukung sepenuhnya keinginan rakyat Kampung Benteng yang ingin kampungnya segera terwujud sebagai kampung wisata.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, makanya kami siap merespon dan siap membantu kegiatan ini apalagi menyangkut situs atau peninggalan bersejarah,” ucapnya kepada memontum.com, Senin (04/12/2017). (pix/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending