STIE PERBANAS

Pupuk Organik – Biogas Produk UPPO Kodim 0815 Mojokerto Disalurkan Untuk Poktan

  Dibaca : 168 kali
Pupuk Organik – Biogas Produk UPPO Kodim 0815 Mojokerto Disalurkan Untuk Poktan
Danramil Jetis saat menyerahkan bantuan pupuk organik kepada poktan

Memontum Mojokerto – Pupuk organik dan biogas yang dihasilkan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kodim 0815 Mojokerto, yang berada di halaman belakang Makoramil 0815/07 Jetis sudah bisa dinikmati kelompok tani (Poktan) dan warga sekitar.

Penyaluran pupuk organik dan hasil biogas ini, atas perintah Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima.

“Sebenarnya, UPPO Kodim 0815 ini sudah menghasilkan biogas pada awal minggu kedua Januari tahun lalu, namun untuk sementara pemanfaatannya untuk Makoramil sendiri, baik untuk lampu penerangan maupun menyalakan kompor,” ucap Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto di sela-sela kegiatan penyerahan pupuk organik bagi Poktan, Jum’at (19/01/2018).

Salah satu rumah warga yang mendapat saluran biogas produk UPPO kodim 0815 Mojokerto

Salah satu rumah warga yang mendapat saluran biogas produk UPPO kodim 0815 Mojokerto

Penyerahan pupuk organik, sejumlah 40 sak, seberat 800 Kg (8 kwintal), bagi Poktan Sumber Makmur dilakukan Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto dan diterima oleh anggota Poktan Sumber Makmur H. Khoirul Anam, alamat RT 03 RW 04, Desa Kupang, Kecamatan Jetis, yang mengelola lahan pertanian seluas 2400 meter.

“Hasil dari UPPO yang berupa biogas, sudah disalurkan ke rumah warga RT 03 RW 04, Desa Kupang, yang ada di belakang Makoramil, yakni Suwito (64), dan Sunatin (52), termasuk pemasangan pipa, instalasi dan kompor juga didukung Koramil,” ujar Danramil.

Sementara anggota Poktan Sumber Makmur, Khoirul Anam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil Jetis dan Kodim 0815 Mojokerto. Dirinya merasa senang dan sangat terbantu dalam penyediaan pupuk khususnya pupuk organik.

“Dengan bantuan pupuk organik dari Koramil Jetis ini, kita dapat gunakan untuk pemupukan guna menjaga dan memulihkan kesuburan atau unsur hara tanah yang berkurang akibat penggunaan pupuk anorganik,” akuinya.

Dandim 0815 Mojokerto, melalui Pasiter Kodim 0815 Kapten Arh Supriyono, mengatakan, UPPO ini merupakan Program Kementerian Pertanian RI yang bertujuan untuk memasyarakatkan pupuk organik, sehingga para petani memiliki kemandirian dalam mengembangkan dan menggunakan pupuk organik yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan pada lahan sawah.

“Saya berharap, ke depan hasil produksi UPPO ini dapat disalurkan bagi semua Poktan secara bergantian guna membantu dalam pemenuhan kebutuhan pupuk organik serta ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial (Komsos) antara Koramil dengan masyarakat,” ungkapnya.

Penyerahan pupuk organik, disaksikan oleh Koordinator PPL Kecamatan Jetis Hariyono, SP, anggota PPL Jali, SP dan Rezi, SP., Kadus Kupang Hadiono, Babinsa Desa Kupang Sertu Slamet Sugiarto dan para Babinsa Koramil Jetis, serta Petugas UPPO Peltu Basuki dan Serka Sutikno. (gan/ono)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional