Connect with us

Mojokerto

Danramil 0815/10 Bangsal Bersama Forpimka Ikuti Deklarasi ODF

Diterbitkan

||

Danramil 081510 Bangsal Bersama Forpimka Ikuti Deklarasi ODF

Memontum Mojokerto – Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto yang diwakili Bati Tuud Pelda M. Ilyas Mustofa bersama Forpimka mengikuti deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Balai Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jum’at (19/01/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan UPT Puskesmas Bangsal dihadiri sekitar 100 orang, antara lain Camat Bangsal Drs. Moh. Riduwan, MM., Kapolsek Bangsal diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Kade Pitoyo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Susi Dwi Arini, S.Kep, MM., Kepala UPT Puskesmas Bangsal dr. Ninis Budi Utami, Kades Pacing Mustaji, Babinsa, Tim Penggerak PKK dan Masyarakat Desa Pacing.

Camat Bangsal Drs. Moh. Riduwan, MM., menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Desa Pacing, yang sudah siap mendeklarasikan ODF,

“Warga Desa Pacing ini sudah tidak melakukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan) karena setiap rumah memiliki WC serta Desa Pacing IM, merupakan Desa pertama di wilayah Kecamatan Bangsal, yang mendeklarasikan ODF,” ungkapnya.

Kepala UPT Puskesmas Bangsal dr. Ninis Budi Utami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pacing beserta segenap warga karena Desa Pacing sudah mendeklarasikan ODF.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Forpimka atas peran serta dan dukungannya sehingga Desa Pacing mencapai ODF atau BABS (Buang Air Besar Sembarangan).

“Dengan dicanangkannya Desa Pacing sebagai Desa ODF berarti semua warga sudah memiliki jamban dan tidak ada yang buang air besar sembarangan sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat serta semoga kegiatan ini dapat memotivasi desa-desa lainnya di wilayah Bangsal untuk segera mencapai ODF,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan deklarasi ODF oleh Kades Pacing Mustaji melalui pernyataan bersama, “Kami Masyarakat Desa Pacing Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan sekarang dan selamanya,” tegasnya dengan suara lantang.

Usai deklarasi, dilakukan penandatanganan naskah deklarasi oleh kepala desa beserta dan jajaran kepala dusun.

Di tempat berbeda, Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Anang Supriyanto mengatakan, dalam rangka mewujudkan Desa ODF, Puskesmas dapat bekerjasama dengan Koramil untuk menggerakan masyarakat membuat jamban keluarga. Selama ini Koramil sebagai satuan komando kewilayahan telah melaksanakan program karya bakti TNI pembuatan jamban keluarga bagi masyarakat miskin.

“Semoga kegiatan yang akan datang ada program pembuatan jamban keluarga, sehingga Koramil dan UPT Puskesmas dapat bekerjasama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” pintanya.(gan/ono)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending