Connect with us

Situbondo

Harga Daging Ayam di Situbondo Merangkak Naik

Diterbitkan

||

Harga Daging Ayam di Situbondo Merangkak Naik

Memontum Situbondo – Harga daging ayam di beberapa Pasar Tradisional di Kabupaten Situbondo, merangkak naik. Kenaikannya antara Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per kilogram. Kenaikan ini, diduga sebagai efek domino menjelang libur pergantian tahun baru kemarin dan pengaruh musim penghujan saat ini.

Hajah Umi (50), pedagang daging ayam potong di Pasar Mimbaan baru, mengatakan, biasanya harga ayam antara Rp 28 ribu hingga Rp 29 ribu per kilogram. Tetapi, sejak sepekan terakhir naik menjadi Rp 34 ribu per kilogram. Kenaikan ini, dikeluhkan banyak pelanggan yang tidak menerimanya.

“Mau gimana lagi, dari bandarnya saja sudah naik. Jadi kami yang kena protes pelanggan,” ujarnya, kepada Memontum.com, Minggu (21/1/2018).

Menurut Hajah, setiap hari dia mampu menjual 100 kilogram daging ayam potong. Langganannya itu merupakan pemilik warung makan. Akan tetapi, dengan kenaikan ini ada penurunan pembelian. Penurunannya sangat signifikan. Yakni, saat ini daging ayam yang di jual maksimalnya 40 kilogram.

Hajah Umi memprediksi kenaikan ini, akan terus terjadi sampai pergantian musim penghujan nanti. Akan tetapi, dia optimistis penjualan ayam akan tetap stabil. Kalaupun ada penurunan, bukan jumlah pelanggannya. Melainkan, penurunan permintaannya saja.

“Misalkan, bisanya pelanggan membeli 20 kilogram per hari, jadi 15 kilogram,” ujarnya. (im/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending