Connect with us

Banyuwangi

Sambang ke Desa Adat Kemiren, Puti Guntur Soekarno Nari Gandrung

Diterbitkan

||

Sambang ke Desa Adat Kemiren, Puti Guntur Soekarno Nari Gandrung

Momentum Banyuwangi — Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Hj Puti Guntur Soekarno, S.I.P joget bareng penari gandrung dan cicipi pecel pitik, salah satu tarian dan kuliner khas Banyuwangi di Desa Adat Kemiren Kecamatan Glagah. Lagu padang ulan dan umbul-umbul Blambangan jadi iring-iringan Mbak Puti ditemani Ketua DPC PDI Perjuangan I Made Cahyana Negara dan Ketua DPC PKB, H. M. Joni Subagio, SH. MH ketika memasuki desa adat Kemiren.

Puti tampak lihai memeragakan tarian gandrung. Jari jemarinya sangat lentik mengikuti alunan musik dan tarian khas Suku Osing tersebut. Warga sekitar, Tim Sukses maupun sejumlah partai pengusung juga menghampiri dan menemani Mbak Puti menari gandrung.Mbak Puti juga sempat menyampaikan beberapa sambutan sebelum menari yakni, merupakan kunjungan yang spesial bisa mengunjungi beberapa desa yang ada di Banyuwangi. Karena dengan mengunjungi desa, bisa tahu isinya dan apa yang bisa nanti diperbuat. Selain itu juga dalam rangka nostalgia sewaktu ia kecil karena bisa kembali menyapa lingkungan desa.

Seperti yang pernah diutarakan Bung Karno sebagai kakek dari Mbak Puti, membangun basis kultur budaya agar dapat membangun Jawa Timur lebih baik. Mutiara dari suatu bangsa adalah dari akar adat dan budayanya, terangnya.

Seperti yang diketahui, 70 persen masyarakat Indonesia hidup di desa. Maka dari itu, harus ada komitmen untuk membangun suatu bangsa. pembangunan soko guru adalah dari masyarakat pedesaan. Baik dari kultur budaya, ekonomi kreatifnya nantinya akan berkontribusi di tingkat provinsi maupun nasional.Salah satu contoh yang sudah diterapkan Desa Kampunganyar yang ia kunjungi sebelum berkunjung ke Desa Kemiren. Pelayanan berbasis IT sudah diterapkan kepada masyarakat melalui progam smart kampung. Artinya, Banyuwangi merupakan salah satu contoh daerah yang masih mempertahankan potensi, kultur budayanya, dam kearifan lokal dalam membangun sebuah pemerintahan yang baik.

Dengan begitu, daerah-daerah yang ada di Jawa Timur bisa berlomba-lomba menunjukkan kearifal lokalnya, budaya maupun potensi yang dimiliki. Karena bagaimanapun, budaya sebagai modal pembentukan karakter suatu bangsa.
Sebelum datangi Desa Kemiren, Puti terlebih dulu bagi kalender, sticker dan sarapan nasi tempong di Pasar Banyuwangi selanjutnya bertemu dengan Tim Sukses Gus Ipul-Mbak Puti serta sejumlah partai pengusung di Posko Pemenangan Pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti di Jl. Ahmad Yani selanjutnya ke Desa Kampunganyar Kecamatan Glagah. (tut/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending