Connect with us

Kabupaten Malang

Ibu PKK Klampok-Singhasari Produksi Kripik Mbote Untuk Bantu Suami

Diterbitkan

||

Ibu PKK Klampok-Singhasari Produksi Kripik Mbote Untuk Bantu Suami

Memontum Malang —- Famili Ibu Karya Desa Klampok Kecamatan Singhasari Kabupaten Malang memanfaatkan potensi kearifan lokal dengan membuat kripik mbote demi membantu pendapatan suami untuk kesejahteraan keluarga. Rini Karyana Ketua Famili Ibu Karya Klampok atau yang disingkat (FIKK) adalah kelompoknya ibu- ibu yang mau berkarya berkreatifitas di bidang usaha kecil.

Mereka memanfaatkan potensi alam yang ada di Desa Klampok dengan memanfaatkan kearifan lokalnya dengan tujuan membantu pendapatan suami. Kelompok usaha bersama Pokja 3 PKK Desa Klampok bergerak di bidang sandang dan pangan salah satunya dengan belajar bersama membuat ketrampilan dengan tujuan untuk membantu suami demi kesejahteraan keluarga.

Desa Klampok biasanya mendapatkan pelatihan-pelatihan dalam bentuk mengelola bahan-bahan yang ada di sekitar desa dari Dinas Perdagangan, Pariwisata dan Koperasi. Hasil pelatihan mereka implementasikan melalui karya bersama lewat FIKK.

“Misalkan kami Dusun Sumbul banyak mbote dengan membuat keripik mbote, pisang dan talas. Beberapa kelompok ada yang membuat telor asin. Itu dikelola Bu Ribut dan Mbak Eka. Juga membuat kripik pisang, singkongnya untuk menopang kesejahteraan keluarga kami,” ujarnya.

Nurul, salah satu anggota FIKK mengaku sangat bangga dengan bergabung di FIKK. Karena mereka bisa menghasilkan pendapatan melalui membuat kripik dan telor asin yang niatan mulianya untuk membantu pendapatan keluarga.

“Yah daripada nganggur lebih baik waktunya dibuat untuk yang positif mas,” tegasnya.

Produk ibu-ibu ini, mulai kripik singkong, tempe, mbote sampai talas dengan harga bervariasi mulai Rp 10.000 sampai Rp 15.000 dengan berat sekitar satu ons ada juga kadang pembeli membeli kiloan. (met/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending