Connect with us

Mojokerto

Melalui Simokos, Koramil 0815/03 Sooko Bekali Siswa tentang Wasbang

Diterbitkan

||

Melalui Simokos, Koramil 081503 Sooko Bekali Siswa tentang Wasbang

Memontum Mojokerto – Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto terus mensosialisasikan keberadaan Si-Mokos, kali ini Koramil 0815/03 Sooko yang mengoperasionalkan dan mengenalkan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaannya, yakni di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Walisongo Desa Kedung Maling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Selasa (30/01/2018).

Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Didik Budi Santoso yang diwakili Babinsa Kedung Maling Pelda Jainul Arifin mengenalkan Si-Mokos kepada Siswa-siswi MI Walisongo. Kehadiran Tim Si-Mokos Koramil 0815/03 Sooko disambut positif oleh Kepala Sekolah MI Walisongo Hj. Lutfia, S.Pd, beserta dewan guru dan para siswa.

Berikutnya, di hadapan sekitar 355 siswa-siswi kelas 1 sampai dengan VI MI Walisongo, Pelda Jainul Arifin memberikan penjelasan tentang Si-Mokos yang merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial disingkat SIMOKOS. “Si-Mokos ini wujudnya berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter,” terangnya.

Disampaikannya, melalui Si-Mokos, diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada para siswa tentang wawasan kebangsaan yang meliputi nilai-nilai bela negara dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara atau empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Disamping itu, kehadiran SI-Mokos juga akan mengenalkan materi kedisiplinan dan memotivasi siswa-siswi untuk gemar membaca. “Ini semua dilakukan untuk menunjang pembentukan karakter bagi para siswa,” tutur Pelda Jainul Arifin.

Para siswa tampak sangat antusias, ketika Serda Agus Sugihartono Tim dari Koramil 0815/03 Sooko menjelaskan materi Wasbang, kedisiplinan bahkan materi permainan outbond seperti bola tali, water estafet, holahop, dan permadani terbang juga dikenalkan dan dipraktekan untuk para siswa. Sebelumnya para siswa juga diajak untuk membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan mini SI-Mokos dan menyaksikan pemutaran film tentang TNI.

Kepala Sekolah MI Walisongo Desa Kedung Maling Hj. Lutfia, S.Pd., saat diwawancarai menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran TNI dari Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto yang membekali para siswa materi wawasan kebangsaan. “Semoga melalui kegiatan ini, akan semakin menumbuhkan jiwa dan semangat Cinta Tanah Air serta memperkokoh persatuan dan kesatuan pada diri siswa/siswi MI Walisongo,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Anisa Siswi Kelas Vl MI Walisongo, dirinya bersama teman-temannya sangat senang dan berterimakasih atas kehadiran Bapak-Bapak TNI di tengah tengah mereka serta berharap agar kegiatan seruoa bisa dilakukan rutin disekolahnya. “Terima kasih kami telah mendapat bimbingan yang positif dan sangat berguna dari Bapak TNI,” tandasnya dengan nada riang.

Sebelumnya, Senin (29/01) kegiatan serupa juga dilakukan di SDN 1 Gemekan, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, yang diikuti sekitar 116 siswa-siswi dan dihadiri Kepala Sekolah SDN Gemekan Dra Festival Wati dan perwakilan guru. Rencananya esok pagi, Rabu (31/01/2018), kegiatan Si-Mokos akan digelar di MTs Negeri Sooko Jalan Raya Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Mojokerto. (gan/ono)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending