Menu

Hemat, PKL Buah Taman Pinang Bisa Berhaji

  Dibaca : 270 kali
Hemat, PKL Buah Taman Pinang Bisa Berhaji
H Yusuf, PKL buah Taman Pinang ketika melayani pembeli. (sul)

Memontum Sidoarjo — Hemat dan rajin menabung. Itulah yang dilakukan H. Yusuf PKL ( Pedagang KakiLima ) Jalan Taman Pinang Kecamatan Sidoarjo Kota. Karena keuletanya itu, pedagang buah yang tinggal di Desa SuruhKecamatan Sukodono ini sukses menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Sepulang dari tanah Suci, walau dengan kucing-kucingan karena diobrak Pol PP Pemkab Sidoarjo, dia tetap mencari cara agar tetap bisa berjualan di Jalan Taman Pinang. “ Kami tetapmentaati aturan pemerintah,” terangya.

Oleh sebab itu, ketikaada himbauan dari pemerintah untuk tidak berjualan, pedagang buah ini mencaritempat lain atau memilih istirahatsampai diperbolehkan bisa berjualan kembali.

Kini, setiap hari dia menggelar dagangan dengan mobil pick up dikawasan Jalan Taman Pinang. “ Setiap hari saya jualanbuah di depan Karaoke Estu, TamanPinang. Kadang bergeser ke selatan,” ungkapnya.

Perpindahan tempat itu, lanjut H Yusuf, terutama di lakukanpada hari- hari Minggu. Karena pada hariMinggu sepanjang Jalan Taman Pinang dari depan Karaoke Estu hingga bundaran Taman Pinang digunakan kelompok senam Lie TenKung.

Karena membludaknya peserta senam, sisi jalan sebelah timurditutup dan jalan dibuka hanya satu arah. Kondisi semacam ini menjadikan diabergeser ke arah selatan. “ Kalau terpaksa berjualan, kami harus bergeser keselatan,” katanya.

Kalau tidak begitu, dia akan berjualan setelah senam Lie TenKung bubar. Karena kondisi yang tidak menentu itulah dia harus pandai-pandaimengatur keuangan. “ Kondisi ini saya syukuri, karena kondisi PKL yang semacam ini saya semakin sering menabung,” akuYusuf.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktutempat yang biasa digunakan untuk menggelar dagangan tidak boleh untukberjualan. Ini yang harusdiantisipasi untuk menjaga dapur untuktetap ngebul.

“ Kami harus pandai-pandai berhemat. Kalau tidak begitu, maka ketika ada pengumuman tempat untuk berjualan tidak boleh digunakan kita masih punya tabungan. Tabungan itu untuk cadangan makan atau untuk kebutuhanyang lain,” tuturnya. (sul/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan KPU Kabupaten Jombang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional