iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

Musim Pancaroba Waspada Serangan Ispa

  Dibaca : 105 kali
Musim Pancaroba Waspada Serangan Ispa
Kadinkes Kota Malang DR Asih Tri Rahmi (Memo X/ Cw4)

Memontum Kota Malang – Memasuki masa pancaroba dari musim kemarau kemusim penghujan. Sebaiknya setiap orang terus meningkatkan kesehatan tubuhnya. Kalau sampai daya tahan tubuh lemah. Akhirnya mudah diserang penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang DR Asih Tri Rahmi menjelaskan, saat musim pancaroba. Tubuh mudah diserang penyakit infeksi saluran pernafasan (Ispa).

Tandanya tubuh mengalami demam tinggi. Tenggorokan terasa sakit. Apalagi saat dipergunakan untuk menelan makanan kemudian persendian terasa ngilu semua. Agar terhindar dari Ispa harus menjaga kesehatan tubuh dan lingkungannya.

“Saran kita agar teehindar dari Ispa. Harus makan bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur. Perbanyak minun air putih. Olah raga dan istirahat dengan teratur,” ungkap Asih.

Asih kemudian mengintruksikan kepada masyarakat. Apabila disekitar rumah terdapat ungas mati secara mendadak atau tidak wajar. Dianjurkan segera melapor ke Dinkes Kota Malang.

Atau kekantor kelurahan terdekat. Asih khawatir kalau ada unggas mati mendadak akibat flu burung. “Sementara ini untuk wilayah Malang Raya. Hanya di RSI Dinoyo yang menangani kasus flu burung. Harapan kami di Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang terhindar flu burung,” sebut dia.

Disinggung masalah serangan penyakit difteri kepada siswa SMAN 3 Kota Malang dan SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Menurut Asih masalah itu sudah bisa diselesaikan. Kini siswa di SMAN 3 dan SD Mummadiyah 9 Kota Malang bisa belajar dengan normal lagi.

“Pemerintah pusat menetapkan RSI Dinoyo Sebagai rumah sakit rujukan. Supaya kalau ada kasus flu burung di Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang bisa segera tertangani,” ungkap Asih.

Ditempat terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirurohim menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Jangan sampai membuang sampah disungai.

“Sebentar lagi musim penghujan datang. Kalau sampah menumpuk disungai. Bisa menyebabkan banjir bandang. Dampaknya lebih parah lagi kalau terjadi banjir bandang,” pesannya. (cw4/jun)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional