iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

Koramil 0815/17 Trawas Kawal Pencairan PKH Tahap Pertama

  Dibaca : 117 kali
Koramil 0815/17 Trawas Kawal Pencairan PKH Tahap Pertama
Pancarian dana Bansos dilakukan di Pendopo Kecamatan Trawas kepada sebanyak 13 desa

Memontum Mojokerto – Sejumlah 305 KK dari 13 Desa se-wilayah Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama, di Pendopo Kecamatan Tarwas, Jum’at (23/02/2018). Pencairan PKH tahap pertama ini itu mendapat pengamanan dari Koramil 17 dan Polsek Trawas.

Pantauan di lapangan yang dilakukan Koramil 17/Trawas, dari 305 KK se-wilayah Trawas penerima Bansos PKH yang berasal dari 13 desa tersebut, yakni Desa Ketapanrame, 23 KK, Trawas 15 KK, Selotapak 2 KK, Tamiajeng 8 KK, Kesiman 8 KK, dan Desa Belik 8 KK. Berikutnya Desa Duyung 1 KK, Penanggungan 18 KK, Kedungudi 13 KK, Sukosari 16 KK, Jatijejer 79 KK, Sugeng 11 KK dan Desa Seloliman 102 KK. Penyerahan dana Bansos ini dilakukan petugas Dinsos Kabupaten Mojokerto dan BRI Kanca Mojokerto.

Pencairan dana Bansos Program PKH pada tahap pertama yang dilaksanakan bulan Pebruari 2018 bagi 305 KK mencapai Rp 152.500.000,- dan tiap KK mendapat Rp 500.000,- dalam setiap tahapan. Pencairan PKH ini dilakukan selama 4 tahapan, tahap pertama hingga ketiga masing-masing KK menerima Rp 500.000, dan pada tahapan keempat menerima Rp 390.000. Jadi dalam satu tahun Keluarga peneima program Bansos PKH menerima Rp 1.890.000.

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memenuhi kriteria atau ketentuan persyaratan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium (Millennium Development Goals /MDGs). Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, pendidikan dasar, kesetaraan gender; pengurangan angka kematian bayi dan Balita serta pengurangan kematian ibu melahirkan.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/17 Trawas kapten Arh Teguh PW, S.Sos., mengungkapkan, pihak Koramil 17/Trawas bersama Polsek dan Tramtib Kecamatan Trawas turun langsung melaksanakan pengamanan proses pencairan Bansos program PKH. “Ini kita lakukan untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (gan/ono)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional