Connect with us

Jember

Unik, Pembuatan Ogoh-ogoh di Desa Sukorno Libatkan Agama Lain

Diterbitkan

||

Pembuatan ogoh ogoh di desa sukorno kecamatan Umbulsari jember sudah 80 persen

Memontum Jember — Desa sukoreno, Kecamatan Umbulsari Jember siap gelar acara hari raya nyepi tahun baru saka 1940 yang akan dilaksanakan pada Jumat (16/3/2018) malam. Dalam penyambutan jelang hari raya nyepi tersebut desa sukorno sendiri ada 5 buah ogoh ogoh yang dibuat dalam 2 pure yang berada di Dusun Krajan Kidul yaitu pure Perwitosari dan Pure Swasti Darma yang berada di Dusun Kandangrejo, Desa Sukorno, Umbulsari.

Dalam gelaran tahun ini ada yang unik yaitu pembuatan ogoh ogoh di bantu oleh umat muslim dan hal tersebut sangat di sambut antusias oleh umat hindu yang akan menyambut hari raya nyepi.

Salah satunya umat muslim yaitu bernama Miko Effendi, (15) warga Dusun Krajan Kidul dirinya mengaku

“Saya membantu ini dikarenakan hal ini selain dilakukan bapak dan ibu kami dan semua umat muslim disini dan hal ini juga membantu bapak bapak yang jika siang hari bekerja,” ucap anak yang masih sekolah di salah satu SMP di Umbulsari tersebut.

Hal senada juga di katakan Tokoh Hindu Sukoreno bernama Suroto (75) dirinya menuturkan pada Rabu (8/3/2018)

Jika kerukunan antar umat beragama disini sudah tercipta lama dan tiap tahun pasti ada kebersamaan dalam membuat ogoh ogoh dengan cara sumbangsih berpatungan agar tercipta semarak ogoh ogoh berbagai wujud yang di kehendaki bersama. Dan untuk kali ini tema ogoh ogoh adalah perwujudan butakala, ucapnya.

Pihaknya berharap semoga hari raya nyepi tahun ini semua berjalan lancar dan tidak ada aral melintang dan pembuatan sudah 80 persen dan hari H semua bisa di arak keliling kampung bersama gamelan dan berbagai upakara keagamaan dengan jarak 6 KM tersebut, pungkas suroto. (Lum/yan)

Advertisement

Trending