Connect with us

Tak Berkategori

Selain Nikmat, Kopi Kulit Manggis Sangat Berkasiat

Diterbitkan

||

Memontum Gresik—- Jika anda pecinta kopi sejati, di Gresik ada kopi yang terbuat dari kulit buah Manggis, dengan cita rasa yang mirip rasa kopi pada umumnya. Uniknya, selain menikmati kopi manggis, pembuat kopi juga mengklaim bahwa kopi dari buah manggis kreasinya dipercaya dapat menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit bagi penyakit Wasir, Hipertensi, Diabetes, Asam Urat dan Asam Lambung.

Bertempat di kedai sederhana di Jalan Dr. Wahidin SH, Putat Kidul, Kecamatan Kebomas, Gresik, Hariadi (45) pembuat kulit manggis menjadi bubuk kopi ini tinggal dan memproduksi hasil kreasinya. Terlihat, pria paruh baya ini sedang asyik menguliti buah manggis satu persatu dari peti buah.

“Lumayan, harga buah manggis sedang turun harganya di pasar, jadi saya borong banyak” Kata Hariadi, Kamis, (15/3/2018)

Hariadi mengatakan bahwa buah manggis ini dia hanya ambil kulitnya saja lantaran dari kulitnya inilah, bahan baku untuk membuat Kopi manggis.

“Untuk buahnya yang manis biasanya saya berikan ke tetangga kalau ada yang mau, saya cuma ambil kulitnya saja untuk buat kopi” ujarnya.

Untuk membuat dan menghasilkan bubuk kopi manggis, Hariadi terlebih dahulu mensterilkan diri, setelah itu satu persatu mengupasi dan memisahkan kulit Manggis dengan buahnya. Setelah dikupasi, Hariadi lalu memotong motong kulit manggis menjadi potongan yang lebih kecil hingga seukuran Dadu.

“Habis dipotong potong, lalu di jemur atau dikeringkan dulu selama tiga hari. Setelah benar benar kering, baru saya sangrai kulit manggis ini hingga mengeluarkan aroma kopi. Baru setelah itu kulit manggis yang sudah di sangrai, saya bawa kepasar untuk digiling menjadi bubuk halus” paparnya.

Hariadi menceritakan bahwa awal mula idenya membikin kopi dari kulit manggis adalah justru saat dirinya sakit dan diharuskan meminum obat herbal yang ada di pasaran.

“obat yang saya minum itu dari ekstak manggis, namun tidak ada efek apa apa. Maka saya coba berkreasi sendiri dari kulit manggisnya yang masih utuh belum di peras atau di ekstrak sarinya. Lantaran saya juga pecinta kopi, maka saya coba jadikan prosesnya seperti membuat kopi bubuk” cerita Hariadi.

Muhammad Antonis Suyitno (33) salah seorang pelanggan kopi Manggis ini mengatakan bahwa dirinya hampir setiap hari mendatangi kedai milik Hariadi hanya untuk sekedar minum Kopi Manggis.

“Hampir setiap hari saya minum kopi manggis ini, unik memang rasanya mirip kopi padahal dari kulit buah manggis” kata Muhammad Antonis Suyitno.

Pria lajang ini mengatakan bahwa dirinya sering minum kopi manggis lantaran cocok rasanya yang mirip kopi, selain itu kopi manggis ini sudah terbukti menurunkan dan memperkecil benjolan wasir yang dia derita.

“Sejak rutin minum kopi ini setiap hari, Wasir saya berangsur angsur mengecil dan tidak sakit lagi” ujarnya.

Kedai Kopi manggis yang buka mulai pukul 6 pagi sampai habis ini selalu ramai setiap harinya. Kopi Manggis sendiri sudah di ekspor ke berbagai kota di pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Untuk menikmati kopi ini, pelanggan cukup membayar 5000 rupiah per cangkirnya. Sedangkan untuk membelinya dalam bentuk bubuk, pembeli cukup membeli dengan harga 50 ribu rupiah per setengah kilonya.(gbr/sgg/nay)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending