Menu

Mushaf Al-Qur’an Terbesar di Lamongan Miliki Berat Sebesar 4 Kuintal

  Dibaca : 164 kali
Mushaf Al-Qur’an Terbesar di Lamongan Miliki Berat Sebesar 4 Kuintal
Al-Qur'an terbesar berbahan kertas impor, buah karya dari Ustad Rusdi aliuddin di Yayasan Nurul Iman Pesantren Al-Qur'an yang ada di Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, Lamongan

Memontum Lamongan – Memiliki ukuran 240 x 155 x 18 cm, Mushaf Al-Qur’an berbahan kertas terbesar ini ada di Lamongan. Al-Qur’an karya dari warga Lamongan ini menurut rencana akan disimpan di Masjid Agung Lamongan. Namun, sembari menunggu renovasi masjid, Al-Qur’an tersebut disimpan di Yayasan Nurul Iman Pesantren Al-Qur’an yang ada di Desa Sidorejo, Kecamatan Deket tempat Al-Qur’an terbesar tersebut dibuat.

Al-Qur’an terbesar berbahan kertas impor ini adalah buah karya dari Ustad Rusdi aliuddin. “Mushaf Al-Qur’an ini merupakan program dari Pemkab Lamongan dimana saya yang mengerjakannya, dengan waktu pengerjaan sekitar 2 tahun,” kata Ustad Rusdi kepada wartawan yang menemuinya di pesantren, Minggu (3/6/2018).

Dibuat dengan kertas canson yang diimpor dari Perancis, Mushaf Al Qur`an yang memiliki panjang 240 cm dengan lebar 155 cm ini memiliki berat sekitar 4 kwintal dengan ukuran tinggi huruf sekitar 7 cm. Dalam pembuatannya, Rusdi dengan menggunakan alat tulis kaligrafi dan juga dengan carang (ranting bambu, red) yang dibentuk khusus Ia menggoreskan secara manual di lembar kertas. Rusdi membutuhkan 400 botol tinta yang juga ia datangkan khusus dari Jerman untuk membuat Mushaf Al-Qur’an terbesar ini.

“Kesulitannya hampir tidak ada, mungkin karena faktor usia, sehingga ingatan kurang agak begitu tajam,” ucap Rusdi. Menurut Rusdi, sepanjang pengetahuannya, mushaf Al-Qur’an yang Ia buat dengan bekerja sama dengan Pemkab Lamongan ini merupakan yang terbesar sedunia dari Alqur’an yang berbahan kertas. “Kalau yang ada di Banyuwangi ataupun di Jakarta itu berukuran 2 x 1,5 meter,” ujarnya.

Selain telah menyelesaikan Alquran terbesar ini, Rusdi juga sudah menyelesaikan 2 Alquran besar berukuran 1 meter yang saat ini sudah berada di salah satu Masjid di Kecamatan Deket, Lamongan. “Cara pembuatannya cukup sederhana, mula-mula menjepit kertas ukuran raksasa tersebut memakai alat khusus. Setelah itu, berbekal Al-Qur’an yang sudah ada, kita menuliskannya di kertas berukuran besar ini,” terang sang Khottot, Rusdi.

Rusdi berharap, dengan selesainya Mushaf Al-Qur’an terbesar yang akan disimpan di Masjid Agung Lamongan ini akan semakin mempertebal rasa keimanan umat. Menurut rencana, Al Quran jumbo itu disimpan di Masjid Agung Lamongan setelah renovasi masjid tuntas dan rehal (semacam meja baca, red) berukuran 350 cm x 255 cm selesai dibuat. “Tuhan suka sesuatu yang indah, sehingga dengan keindahan Alquran ini akan semakin tumbuh kecintaan kita terhadap Alquran,” harapnya. (ifa/zen/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan KPU Kabupaten Jombang

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional