Connect with us

Lamongan

Pawai Gunungan Ketupat Ramaikan Tradisi Kupatan Pesisir Pantura Lamongan

Diterbitkan

||

Pawai Gunungan Ketupat Ramaikan Tradisi Kupatan Pesisir Pantura Lamongan

Memontum Lamongan – Warga pesisir Lamongan menggelar pawai gunungan ketupat atau festival kupatan, yang diarak mulai ASDP Paciran menuju ke Tanjung Kodok yang berada di dalam Wisata Bahari Lamongan (WBL). Sabtu (23/6/2018).

Acara festival Kupatan merupakan tradisi masyarakat pesisir sebagai agenda rutin tahunan. Ratusan warga dari berbagai desa mengusung gunungan ketupat terdiri dari satu gunungan ketupat dan akan dijadikan jamuan dalam kenduri massal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Lamongan Chairil Anwar mengatakan pawai atau arak-arakan ketupat ini salah satu tradisi warga pantura Lamongan yang sudah turun-temurun diakhiri kenduri ketupat di Tanjung Kodok.

Sedangkan, tegas Anwar tradisi ini diperingati sebagai bentuk syukur atas peristiwa pemindahan masjid sendang duwur dari Jepara yang dibawa secara utuh oleh Sunan Sendang Duwur.

“Kita harapkan acara semacam ini bisa menarik wisatawan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang mempunyai nilai khas daerah,” kata Anwar sembari menambahkan pawai tersebut sebagai bentuk mengenalkan lokasi wisata di pantura Lamongan lengkap mulai wisata budaya, religi hingga edukasi.

Laman: 1 2

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending