Connect with us

Mojokerto

Koramil 0815/10 Bangsal Kenalkan Wasbang Di Dua Sekolah

Diterbitkan

||

Koramil 081510 Bangsal Kenalkan Wasbang Di Dua Sekolah

Memontum Mojokerto – Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto, menerjunkan Babinsanya untuk melaksanakan serbuan teritorial wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi para pelajar di wilayah binaan. Kali ini, sasaran Wasbang di SDN Salen dan SDN Sidomulyo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jum’at (10/11/2017).

Di SDN Salen, pengenalan materi wawasan kebangsaan bagi 35 orang siswa-siswi kelas VI dilakukan oleh Babinsa Salen Serda Abdul Kasan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, semua materi tersebut disampaikan dalam bahasa sederhana agar mudah diterima dan dimengerti para siswa.

Selain materi tersebut, para siswa juga diperkenalkan dan dilatih materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang tujuannya untuk melatih kedisiplinan, kekompakan dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Ketika siswa-siswi dilatih penghormatan, Serda Abdul Kasan juga mendatangi satu persatu untuk membetulkan posisi tangan ketika melakukan penghormatan.

Sementara, secara bersamaan di SDN Sidomulyo juga dilaksanakan kegiatan yang sama, yakni pengenalan Wasbang bagi ratusan siswa-siswi mulai kelas I hingga kelas VI oleh bati Tuud Koramil 0815/10 Bangsal Pelda Mohammad Ilyas dan Babinsa Sidomulyo Kopka M. Nur.

Yang menarik, para siswa-siswi juga mengenakan pakaian cukup beragam, dan sebagian besar bercorak pejuang karena bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Kegiatan pengenalan Wasbang ini, selain dilaksanakan di ruang kelas secara bergantian, juga dilangsungkan di halaman sekolah secara bersama-sama,” ujarnya.

Bati Tuud mengajak para siswa untuk lebih disiplin dan rajin belajar, taat kepada orang tua dan guru, patuh pada tata tertib sekolah, mentaati norma agama, peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Tampak hadir dalam pengenalan materi Wasbang di kedua sekolah tersebut, antara lain Kepala Sekolah, wali kelas dan guru pendamping.

Dalam kesempatan lain, Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto mengungkapkan, pengenalan Wasbang bagi siswa-siswi SD di wilayah binaan sebagai bentuk peranserta Koramil dalam membentuk karakter kedisiplinan sejak dini bagi generasi muda. “Diharapkan para generasi muda dapat memahami tentang sejarah bangsanya,” harap Danramil. (mrg/ono)

Advertisement

Trending